W E L C O M E   T O   M Y   B L O G 

Senin, 22 November 2010

Mengubah Tulisan “start” pada Start Menu Windows XP

Untuk mengubah tulisan “start” pada Start menu Windows XP diperlukan aplikasi tools bantuan untuk memodifikasi file–file yang tidak bisa dimodifikasi seperti *.exe , *.dll , *.ocx , *.cpl , *.src, dan *.res. Aplikasi Tools yang digunakan adalah Resource Hacker (dapat didownload di sini ).

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengubah tulisan “start” pada Start menu Windows XP.

Pertama jalankan aplikasi Resource Hacker.

Kemudian klik menu File --> Open maka akan muncul kotak dialog Open File, pilih drive C: --> WINDOWS --> explorer, kemudian klik Open.

Muncul Folder list pada Resource Hacker.

Pilih folder String Table --> 37 --> 1033. Lalu ubahlah tulisan start pada jendela sebelah kanan yang di dalam kutip dengan kata yang kita inginkan. Perlu diingat bahwa kata yang ingin kita masukkan harus di dalam tanda kutip “ “.

Setelah tulisan start kita ubah (di sini saya ubah dengan nama saya “Agus D S”), lalu Compile dengan cara megklik tombol Compile Script.

Setelah selesai mengcompile, klik menu File -->Save As. Muncul kotak dialog Save File As, pilih drive C: --> WINDOWS dan simpan file dengan nama lain, dalam hal ini saya memberi nama gantiexplorer.exe. Kemudian klik Save. (INGAT!!! Jangan menyimpan dengan cara memilih save atau dengan nama explorer.exe, hal ini untuk mempermudah pengembalian setingan/registry jika nanti terjadi kesalahan).

Jika sudah berhasil disimpan, buka Registry Editor dengan memilih start menu --> run(Windows logo+R) dan ketikkan regedit, kemudian klik OK.


Pada jendela Registry Editor pilih HKEY_LOCAL_MACHINE --> SOFTWARE --> Microsoft --> Windows NT --> currentversion --> Winlogon. Lalu pada jendela sebelahnya klik 2x(dobel klik) pada file shell.

Pada Edit String, ubah Value data dengan memasukkan nama file gantiexplorer.exe yang tadi telah disimpan, lalu klik OK.

Tulisan “start” pada Start menu Windows XP telah diubah. Restart atau Log off komputer dan lihat perubahan pada start menu yang baru.
Silahkan download tutorialnya di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar